Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil

Posted on

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Gaji Kecil

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil memang terdengar sepele namun hal ini sangat penting dipahami mengingat kondisi di sekitar yang akhir-akhir ini tidak bisa diprediksi.

Setiap orang akan selalu mendambakan memiliki pekerjaan yang layak dan dapat menghasilkan uang yang banyak. Namun, siapa sangka? Tidak semua ekspektasi akan berjalan sesuai apa yang kita inginkan.

 

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil agar Cukup Setiap Bulan

Dengan tuntutan kehidupan yang setiap tahunnya semakin bertambah. Terkadang membuat seseorang harus terpaksa berhutang untuk menutupi kebutuhan biaya hidupnya.

Namun jika kita tahu bagaimana cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil sangatlah mungkin kita bisa bertahan dan memenuhi kebutuhan bahkan tanpa berhutang.

 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu jadikan untuk manage keuanganmu:

1.) Membuat Daftar Pengeluaran Wajib dan Tidak Wajib

Jangan salah loh , dengan kamu membuat daftar pengeluaran wajib dan tidak wajibmu. Kamu akan melihat seberapa besar pengeluaran kamu per harinya atau per bulannya.

Tentu dengan grafik pengeluaran tersebut, kamu akan melihat mana saja yang sudah seharusnya dikurangi atau dihilangkan dari pengeluaran perbulan atau per harinya.

 

2.) Batasi Keinginan Hura-hura

Pergi jalan-jalan, hangout bersama teman-teman, nongkrong di cafe tentu merupakan kepuasan bagi setiap orang. Dengan kepenatan sehabis bekerja akan lebih fresh ketika melakukan refreshing sesekali untuk menghilangkan kepenatan tersebut.

Bila setiap saat dilakukan, itu namanya hura-hura atau pemborosan. Boleh kita mencari kesenangan tapi juga harus tahu kapan pergi jalan-jalan dan kapan harus menyisihkan gaji kita untuk kebutuhan primer dan tabungan. Tak harus banyak bila ingin menabung, asalkan konsisten.

 

3.) Mulai Investasi Walaupun dengan Nilai Kecil

Orang yang bijak akan tahu bagaimana mana membuat uangnya berkembang. Bahkan ketika ia tertidur pun uangnya mengalir terus. Tentu hal ini sangat berkaitan dengan bagaimana cara kita yang cermat dalam mengatur keuangan.

Mulailah investasi walau itu kecil.

Karena dengan investasi, kita bisa menjadi orang yang sukses tanpa harus banting tulang terlalu keras.

 

4.) Cari Pendapatan Tambahan

Gaji kecil dari pekerjaan yang saat ini kita jalani, tentulah sangat memberikan tekanan kebutuhan hidup yang tumpang tindih. Membuat kita terkadang bingung harus mendapatkan uang dari mana lagi.

Hanya saja, pendapatan itu bisa diperbesar bila kita mencari sumber pendapatan lainnya. Agar kebutuhan tidak tumpang tindih.

 

5.) Bawa uang Cash Secukupnya

Ketika kita sedang berencana hendak keluar atau ada urusan yang mengharuskan keluar rumah. Tentunya sangatlah berpeluang gaji kita akan habis dengan seketika bila kita tidak cermat.

Ketika hendak keluar bawalah uang Cash secukupnya saja. Namun, bagaimana bila terjadi sesuatu saat di perjalanan. Nah, hal ini bisa kita atasi dengan tetap membawa Kartu ATM untuk jaga-jaga saat di perjalanan.

 

6.) Jangan Biasakan Memakai Kartu Kredit

Kartu kredit memang memiliki keuntungan bagi penggunanya, tetapi akan menjadi sebuah bencana bagi orang yang suka belanja dan hura-hura. Bagaimana tidak, jika kita terlambat melakukan pembayaran. Akan berakibat pada keuangan kita. Karena banyaknya biaya tambahan.

Jadi, untuk gaji yang kecil sangatlah disarankan untuk tidak menggunakan kartu kredit. Karena hidup tak harus mewah dan sederhana tak selamanya buruk.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatur keinginan kita dan prestasi apa yang ingin kita gapai. Dengan cermatnya kita dalam mengontrol keuangan minimalis, dan pada waktunya kita sudah terbiasa terhadap pengontrolan keuangan skala besar

Itulah beberapa cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil yang bisa kamu terapkan.

 

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *