Kecepatan Internet Berbeda

Alasan Kecepatan Internet Berbeda Dengan iklannya

Posted on

Alasan Kecepatan Internet Berbeda Dengan iklannya – Internet untuk saat ini memang  merupakan suatu hal yang dibutuhkan yang dapat dibilang sebagai hal yang pokok.  Internet sendiri untuk saat ini memang menjadi hal yang semakin mudah didapatkan. Mulai dari operator seluler sampai yang ISP yang sudah memiliki cakupan area layanan yang luas. Namun terkadang kecepatan internet yang dibeli tidak sesuai dengan iklan. Untuk mengetahui alasan kecepatan internet berbeda dengan iklannya, berikut ini informasinya.

Kecepatan Internet Berbeda

Alasan kecepatan internet tidak sesuai dengan iklan

Internet untuk saat ini memang menjadi  hal yang semakin mudah untuk diperoleh, karena bahkan operator seluler pun untuk saat ini sudah menjadi ISP. Untuk kamu yang masih belum mengetahui ISP,  ISP merupakan singkatan dari Internet Service Provider yang berarti penyedia jasa layanan internet.

Satuan yang dipakai berbeda

Alasan kecepatan internet berbeda dengan iklannya pertama adalah karena pada umumya suatu perhitungan satuan yang digunakan dan ISP yang digunakan itu berbeda. ISP pada umumnya menggunakan satuan Mbps pada kecepatan internet yang ditawarkan. Sementara itu pada komputer atau smartphone yang terhubung dengan internet menggunakan satuan MBps.

Beda dari Mbps adalah satuan Mega bit per second, dan MBps adalah satuan Mega Byte per second, pada bit dan Byte. Untuk 1 Byte sendiri berarti adalah 8 bit. Jadi jika ISP kamu menawarkan kecepatan 8  Mbps, maka keccepatan pada komputer maupun smartphone kamu menunjukkan kisaran 1MBps.

Kekuatan sinyal

Untuk alasan selanjutnya adalah kekuatan sinyal yang didapatkan. Pasalnya semakin baik sinyal yang kamu peroleh, maka peluang kecepatan tinggi menjadi semakin besar. Namun jika sinyal kamu buruk, selain lambat tidak mungkin internet kamu bisa terputus.

Hal ini terjadi karena buruknya sinyal yang kamu peroleh membuat loss bandwidth yang semakin besar. Namun jika ISP yang kamu menggunakan jalur kabel, hal  ini tidak menjadi suatu masalah yang besar.

Jenis jalur internet yang digunakan

Untuk menyalurkan internet, ISP mempergunakan beberapa jenis jalur. Untuk jenis jalur kabel,  bisa kabel tembaga atau kabel FO (Fiber Optic). Untuk wireless, bisa sinyal Wifi atau sinyal  4G maupun 3G.

Untuk yang tercepat adalah kabel FO, kemudian disusul oleh kabel tembaga. Nah jika kamu menggunakan kabel tembaga, hal  ini tentu saja kecepatan internet yang kamu miliki akan lebih lambat daripada menggunakan kabel FO.

Untuk wireless. Sama seperti kabel konsepnya, aitu  setiap jenis wireless memiliki kemampuan daya alir internetnya masing – masing. mulai dari yang tercepat sinyal Wifi, 4G dan yang terakhir adalah sinyal 3G. Nah jika kamu masih menggunakan sinyal 3G, hal ini tentunya kecepatan internet kamu jauh lebih lambat dari yang menggunakan 4G.

Itulah beberapa alasan kecepatan internet berbeda dengan iklannya.

 

artikel lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *